Selasa, 11 Agustus 2009

AKTIFITAS FPMJ

Selamat Ulang Tahun LPDS Ke-21

Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) yang pada tahun 2008 lalu telah berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro (YPMA) ini adalah tempat pusat Pelatihan dan Pengembangan Jurnalisme Profesional, yang beralokasikan di Gedung Dewan Pers Lantai III Jl. Kebon Sirih No.34 Jakarta pusat.

LPDS, begitu lembaga ini lebih dikenal. Memang sudah lama ada dalam kancah kejurnalistikan yaitu sejak tahun 1988. dan belum lama ini LPDS memang baru saja merayakan HUTnya yang ke-21 tahun. Untuk merayakan hari ulang tahunnya itu LPDS mengadakan LOKAKARYA seminar selama tiga hari yang diselenggarakan pada tanggal 21-23 Juli 2009 pukul 14.00-17.00 Wib. Tema yang diusung dalam seminar ini menarik dan berbeda setiap harinya. Untuk itu, ketika pertama kali undangan acara itu mampir di Forum Pers Mahasiswa Jakarta (FPMJ), kawan-kawan Persma se-Jakarta sangat antusias untuk menghadiri seminar itu. Apalagi dengan adanya pembicara yang namanya sudah tidak asing lagi dalam dunia kejurnalistikan. Mereka yaitu ; Atmakusumah Astraatmadja, Budiman Tanuredjo (Redpel Kompas), Karni Ilyas, dan Ahmad Faisol dari media Wacht ISAI yang membahas mengenai rekam jejak berita pemilu di media. Seminar pertama dengan tema “Menegakkan Etika Jurnalistik, Mendorong Profesionalisme Wartawan” ini dipandu oleh Martin Selamet Susanto (Pemred harian koran Jakarta) sebagai moderator.

Hari kedua, tidak kalah menarik. Pembahasan pada seminar kali ini adalah mengenai pemakaian “Penerapan Istilah Asing dalam Bahasa Jurnalistik” yang dituturkan oleh Desi Anwar (GM Marketing Metro TV) selaku salah satu pembicara dalam seminar ini. Selain Desi Anwar, pembicara pada hari kedua seminar ini adalah Prof. Dr. Anton M. Moeliono (pakar bahasa) dan juga Prof. Dr. Arief Rahman (pakar pendidikan, ketua humas Komnas UNESCO) yang dipandu oleh Mulyono Sunyoto (LKBN ANTARA) sebagai moderator dalam mengaitkan pemakaian istilah asing yang sudah dipaparkan sebelumnya, dengan Bahasa Indonesia, sebagai jati diri bangsa.

Hari ketiga, merupakan puncak dari serangkaian acara HUT LPDS ke-21. Acara ini dibuka dengan pembagian merchindes berupa dua buah buku yang berjudul “Pengelolahan Kebebasan Pers dan Menolak Kriminalisasi Pers” yang masing-masing buku itu adalah terbitan dari Dewan Pers sendiri. Kemudian acara dilanjutkan dengan jamuan makan siang dan pemotongan kue ulang tahun serta tiup lilin. Hadir dalam acara ini diantaranya adalah Bambang Harimurti (pengurus, ketua umum LPDS) dan semua pengurus LPDS lainnya serta para undangan kehormatan lainnya. Setelah tiup lilin, acara dilanjutkan dengan seminar LOKAKARYA hingga pukul 17.00 Wib. Dengan berakhirnya acara seminar ini, berarti berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan HUT LPDS ke-21. Tidak lupa kami segenap pengurus FPMJ turut pula mengucapkan selamat ulang tahun dan sukses selalu bagi LPDS. *Hendri (LPM Industria – STMI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar